Pelatihan dan Workshop CLIL & EMI

Deskripsi

Program ini memberikan pelatihan profesional berbasis riset bagi guru, dosen, dan kepala sekolah dalam mengimplementasikan CLIL dan EMI. Pelatihan menekankan strategi pembelajaran praktis, perencanaan bahasa, manajemen diskursus kelas, serta integrasi budaya lokal ke dalam pembelajaran bilingual.

Kegiatan utama meliputi: bootcamp, lokakarya modul CLIL–EMI, simulasi mengajar, coaching, dan observasi sejawat.
Hasil akhirnya berupa perangkat ajar bilingual, portofolio pengajaran, dan sertifikat kompetensi CLIL.

Deskripsi Program

Program ini menyediakan pengembangan profesional berbasis riset bagi guru, dosen, dan pimpinan sekolah dalam menerapkan Content and Language Integrated Learning (CLIL) dan English-Medium Instruction (EMI). Fokus pelatihan mencakup strategi pembelajaran bilingual, perencanaan bahasa, teknik scaffolding, manajemen diskursus kelas, serta integrasi budaya lokal dalam pembelajaran.

Tujuan Program

  • Meningkatkan kompetensi dasar dan lanjutan dalam pedagogi CLIL & EMI.

  • Menguatkan kepercayaan diri guru dalam mengajar mata pelajaran sains, matematika, IPS, dan vokasi dalam bahasa Inggris.

  • Mengoptimalkan perencanaan pembelajaran yang memadukan tujuan konten dan bahasa.

  • Mendorong guru menerapkan inovasi dan refleksi berkelanjutan.

Komponen Kegiatan

  • Bootcamp pengenalan CLIL

  • Workshop komunikasi kelas EMI

  • Pelatihan modul CLIL–EMI (8 modul)

  • Microteaching & coaching

  • Observasi kelas dan umpan balik terstruktur

Luaran Program

  • RPP/Unit Plan CLIL

  • Skrip komunikasi EMI

  • Portofolio pengajaran bilingual

  • Sertifikat kompetensi (Level 1–3)

Sasaran Peserta

Guru, dosen, kepala sekolah, pengembang kurikulum.

Dampak

Guru menjadi lebih siap mengajar bilingual, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mendukung pencapaian hasil belajar multidisipliner.