Deskripsi
Program ini memberikan pelatihan profesional berbasis riset bagi guru, dosen, dan kepala sekolah dalam mengimplementasikan CLIL dan EMI. Pelatihan menekankan strategi pembelajaran praktis, perencanaan bahasa, manajemen diskursus kelas, serta integrasi budaya lokal ke dalam pembelajaran bilingual.
Kegiatan utama meliputi: bootcamp, lokakarya modul CLIL–EMI, simulasi mengajar, coaching, dan observasi sejawat.
Hasil akhirnya berupa perangkat ajar bilingual, portofolio pengajaran, dan sertifikat kompetensi CLIL.
Deskripsi Program
Program ini menyediakan pengembangan profesional berbasis riset bagi guru, dosen, dan pimpinan sekolah dalam menerapkan Content and Language Integrated Learning (CLIL) dan English-Medium Instruction (EMI). Fokus pelatihan mencakup strategi pembelajaran bilingual, perencanaan bahasa, teknik scaffolding, manajemen diskursus kelas, serta integrasi budaya lokal dalam pembelajaran.
Tujuan Program
Meningkatkan kompetensi dasar dan lanjutan dalam pedagogi CLIL & EMI.
Menguatkan kepercayaan diri guru dalam mengajar mata pelajaran sains, matematika, IPS, dan vokasi dalam bahasa Inggris.
Mengoptimalkan perencanaan pembelajaran yang memadukan tujuan konten dan bahasa.
Mendorong guru menerapkan inovasi dan refleksi berkelanjutan.
Komponen Kegiatan
Bootcamp pengenalan CLIL
Workshop komunikasi kelas EMI
Pelatihan modul CLIL–EMI (8 modul)
Microteaching & coaching
Observasi kelas dan umpan balik terstruktur
Luaran Program
RPP/Unit Plan CLIL
Skrip komunikasi EMI
Portofolio pengajaran bilingual
Sertifikat kompetensi (Level 1–3)
Sasaran Peserta
Guru, dosen, kepala sekolah, pengembang kurikulum.
Dampak
Guru menjadi lebih siap mengajar bilingual, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mendukung pencapaian hasil belajar multidisipliner.