Rubrik dan Alat Penilaian

RUBRIK PENILAIAN SERTIFIKASI CLIL (LEVEL 1–3)

Rubrik tersusun dalam dimensi:

  1. Pemahaman Konsep CLIL

  2. Perencanaan Pembelajaran (CLIL Planning)

  3. Penggunaan Bahasa (Classroom English & Academic Language)

  4. Scaffolding Bahasa

  5. Pelaksanaan Pembelajaran (Teaching Practice)

  6. Asesmen Konten & Bahasa

  7. Refleksi Profesional

  8. Kepemimpinan & Coaching (khusus Level 3)

  9. Inovasi & Riset (khusus Level 3)

Skala Penilaian (format penggunaan):

  • 4 – Sangat Baik

  • 3 – Baik

  • 2 – Cukup

  • 1 – Perlu Perbaikan


RUBRIK LEVEL 1 – PENDIDIK CLIL DASAR

(Foundation CLIL Educator)

1. Pemahaman Konsep CLIL

Skor

Kriteria

4

Menjelaskan konsep CLIL dan 4C dengan contoh jelas.

3

Menjelaskan CLIL secara tepat namun contoh terbatas.

2

Memahami sebagian konsep namun tidak konsisten.

1

Tidak mampu menjelaskan konsep CLIL.

2. Perencanaan Pembelajaran (RPP CLIL Dasar)

Skor

Kriteria

4

RPP lengkap, tujuan konten & bahasa jelas, aktivitas sesuai prinsip CLIL.

3

RPP baik namun ada kekurangan minor (misal tujuan bahasa kurang spesifik).

2

RPP ada, tetapi hubungan konten–bahasa lemah.

1

RPP tidak sesuai format CLIL.

3. Classroom English

Skor

Kriteria

4

Menggunakan Classroom English dasar secara lancar & natural.

3

Menggunakan Classroom English dengan beberapa kesalahan minor.

2

Classroom English sangat terbatas.

1

Tidak menggunakan Classroom English.

4. Teaching Practice (Microteaching Dasar)

Skor

Kriteria

4

Alur pembelajaran jelas, ada target bahasa, instruksi efektif.

3

Pembelajaran berjalan baik meski target bahasa belum konsisten.

2

Alur tidak jelas, penggunaan bahasa lemah.

1

Tidak menunjukkan prinsip CLIL.

5. Refleksi

Skor

Kriteria

4

Refleksi mendalam, solusi konkret.

3

Refleksi cukup baik.

2

Refleksi sangat umum.

1

Tidak ada refleksi.


RUBRIK LEVEL 2 – PRAKTISI CLIL TERAPAN

(Applied CLIL Practitioner)

1. Unit Plan CLIL (Multi-Session)

Skor

Kriteria

4

Unit Plan lengkap, alur multi-sesi runtut, integrasi konten–bahasa kuat.

3

Unit Plan baik, namun scaffolding kurang kaya.

2

Sekuens pembelajaran tidak konsisten.

1

Unit Plan tidak memenuhi format CLIL.

2. Scaffolding Bahasa

Skor

Kriteria

4

Menggunakan 3+ scaffolding (visual, sentence frames, word banks, structured tasks).

3

Menggunakan 1–2 scaffolding.

2

Scaffolding minim.

1

Tidak ada scaffolding.

3. EMI Classroom Discourse

Skor

Kriteria

4

Guru memfasilitasi diskusi akademik dengan pola tanya-jawab efektif.

3

Diskusi berlangsung namun kurang terstruktur.

2

Guru mendominasi; siswa kurang aktif.

1

Tidak ada discourse EMI.

4. Penilaian Bilingual

Skor

Kriteria

4

Rubrik lengkap menilai konten & bahasa dengan jelas.

3

Rubrik ada namun salah satu aspek kurang jernih.

2

Rubrik kurang tepat.

1

Tidak ada rubrik.

5. Teaching Practice (Extended)

Skor

Kriteria

4

Pembelajaran aktif, scaffolding efektif, target bahasa tercapai.

3

Pembelajaran cukup baik, siswa aktif.

2

Aktivitas siswa rendah.

1

Tidak menunjukkan CLIL terapan.


RUBRIK LEVEL 3 – SPESIALIS CLIL LANJUTAN

(Advanced CLIL Specialist)

1. Kepemimpinan Program CLIL

Skor

Kriteria

4

Menghasilkan program CLIL sekolah lengkap: kebijakan, SOP, roadmap.

3

Draf program baik namun belum lengkap.

2

Program tidak operasional.

1

Tidak menunjukkan kepemimpinan.

2. Kurikulum CLIL Terintegrasi

Skor

Kriteria

4

Dokumen kurikulum integratif lintas mapel/jenjang.

3

Kurikulum cukup baik.

2

Integrasi konten-baasa lemah.

1

Tidak sesuai konsep.

3. Pengembangan Modul Berbasis Budaya

Skor

Kriteria

4

Modul berbasis lokal wisdom lengkap & siap diseminasi.

3

Modul cukup lengkap.

2

Modul kurang integrasi budaya.

1

Tidak relevan.

4. Coaching Guru Lain

Skor

Kriteria

4

Coaching 2+ guru dengan laporan lengkap.

3

Coaching 1 guru.

2

Coaching tidak sistematis.

1

Tidak ada bukti coaching.

5. Riset/Penulisan Ilmiah

Skor

Kriteria

4

Artikel siap publikasi / sudah dipresentasikan.

3

Artikel draf.

2

Tulisan tidak sistematis.

1

Tidak ada tulisan.


TOTAL SKOR & PENENTUAN KELULUSAN

  • Level 1: Lulus ≥ 70

  • Level 2: Lulus ≥ 75

  • Level 3: Lulus ≥ 80

  • Semua tugas wajib dikumpulkan

  • Ada penilaian panel untuk Level 3