RUBRIK PENILAIAN SERTIFIKASI CLIL (LEVEL 1–3)
Rubrik tersusun dalam dimensi:
Pemahaman Konsep CLIL
Perencanaan Pembelajaran (CLIL Planning)
Penggunaan Bahasa (Classroom English & Academic Language)
Scaffolding Bahasa
Pelaksanaan Pembelajaran (Teaching Practice)
Asesmen Konten & Bahasa
Refleksi Profesional
Kepemimpinan & Coaching (khusus Level 3)
Inovasi & Riset (khusus Level 3)
Skala Penilaian (format penggunaan):
4 – Sangat Baik
3 – Baik
2 – Cukup
1 – Perlu Perbaikan
RUBRIK LEVEL 1 – PENDIDIK CLIL DASAR
(Foundation CLIL Educator)
1. Pemahaman Konsep CLIL
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Menjelaskan konsep CLIL dan 4C dengan contoh jelas. |
3 | Menjelaskan CLIL secara tepat namun contoh terbatas. |
2 | Memahami sebagian konsep namun tidak konsisten. |
1 | Tidak mampu menjelaskan konsep CLIL. |
2. Perencanaan Pembelajaran (RPP CLIL Dasar)
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | RPP lengkap, tujuan konten & bahasa jelas, aktivitas sesuai prinsip CLIL. |
3 | RPP baik namun ada kekurangan minor (misal tujuan bahasa kurang spesifik). |
2 | RPP ada, tetapi hubungan konten–bahasa lemah. |
1 | RPP tidak sesuai format CLIL. |
3. Classroom English
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Menggunakan Classroom English dasar secara lancar & natural. |
3 | Menggunakan Classroom English dengan beberapa kesalahan minor. |
2 | Classroom English sangat terbatas. |
1 | Tidak menggunakan Classroom English. |
4. Teaching Practice (Microteaching Dasar)
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Alur pembelajaran jelas, ada target bahasa, instruksi efektif. |
3 | Pembelajaran berjalan baik meski target bahasa belum konsisten. |
2 | Alur tidak jelas, penggunaan bahasa lemah. |
1 | Tidak menunjukkan prinsip CLIL. |
5. Refleksi
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Refleksi mendalam, solusi konkret. |
3 | Refleksi cukup baik. |
2 | Refleksi sangat umum. |
1 | Tidak ada refleksi. |
RUBRIK LEVEL 2 – PRAKTISI CLIL TERAPAN
(Applied CLIL Practitioner)
1. Unit Plan CLIL (Multi-Session)
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Unit Plan lengkap, alur multi-sesi runtut, integrasi konten–bahasa kuat. |
3 | Unit Plan baik, namun scaffolding kurang kaya. |
2 | Sekuens pembelajaran tidak konsisten. |
1 | Unit Plan tidak memenuhi format CLIL. |
2. Scaffolding Bahasa
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Menggunakan 3+ scaffolding (visual, sentence frames, word banks, structured tasks). |
3 | Menggunakan 1–2 scaffolding. |
2 | Scaffolding minim. |
1 | Tidak ada scaffolding. |
3. EMI Classroom Discourse
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Guru memfasilitasi diskusi akademik dengan pola tanya-jawab efektif. |
3 | Diskusi berlangsung namun kurang terstruktur. |
2 | Guru mendominasi; siswa kurang aktif. |
1 | Tidak ada discourse EMI. |
4. Penilaian Bilingual
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Rubrik lengkap menilai konten & bahasa dengan jelas. |
3 | Rubrik ada namun salah satu aspek kurang jernih. |
2 | Rubrik kurang tepat. |
1 | Tidak ada rubrik. |
5. Teaching Practice (Extended)
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Pembelajaran aktif, scaffolding efektif, target bahasa tercapai. |
3 | Pembelajaran cukup baik, siswa aktif. |
2 | Aktivitas siswa rendah. |
1 | Tidak menunjukkan CLIL terapan. |
RUBRIK LEVEL 3 – SPESIALIS CLIL LANJUTAN
(Advanced CLIL Specialist)
1. Kepemimpinan Program CLIL
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Menghasilkan program CLIL sekolah lengkap: kebijakan, SOP, roadmap. |
3 | Draf program baik namun belum lengkap. |
2 | Program tidak operasional. |
1 | Tidak menunjukkan kepemimpinan. |
2. Kurikulum CLIL Terintegrasi
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Dokumen kurikulum integratif lintas mapel/jenjang. |
3 | Kurikulum cukup baik. |
2 | Integrasi konten-baasa lemah. |
1 | Tidak sesuai konsep. |
3. Pengembangan Modul Berbasis Budaya
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Modul berbasis lokal wisdom lengkap & siap diseminasi. |
3 | Modul cukup lengkap. |
2 | Modul kurang integrasi budaya. |
1 | Tidak relevan. |
4. Coaching Guru Lain
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Coaching 2+ guru dengan laporan lengkap. |
3 | Coaching 1 guru. |
2 | Coaching tidak sistematis. |
1 | Tidak ada bukti coaching. |
5. Riset/Penulisan Ilmiah
Skor | Kriteria |
|---|---|
4 | Artikel siap publikasi / sudah dipresentasikan. |
3 | Artikel draf. |
2 | Tulisan tidak sistematis. |
1 | Tidak ada tulisan. |
TOTAL SKOR & PENENTUAN KELULUSAN
Level 1: Lulus ≥ 70
Level 2: Lulus ≥ 75
Level 3: Lulus ≥ 80
Semua tugas wajib dikumpulkan
Ada penilaian panel untuk Level 3