Pengembangan Kurikulum & Modul Bilingual

Deskripsi

Program ini membantu sekolah merancang dokumen kurikulum bilingual, modul pembelajaran, dan unit plan yang selaras dengan kerangka CLIL. Seluruh konten diintegrasikan dengan tujuan bahasa, tujuan konten, Pancasila Student Profile (P5), serta konteks budaya dan ekologi Kalimantan.

Deskripsi Program

Program ini mendukung sekolah dalam merancang kurikulum bilingual yang berfokus pada integrasi tujuan konten, tujuan bahasa, dan elemen budaya lokal menggunakan kerangka CLIL. Kurikulum yang dihasilkan memastikan siswa dapat mengakses materi pelajaran secara bermakna dan bertahap sesuai tingkat kemampuan bahasa.

Tujuan Program

  • Menyusun kurikulum bilingual yang selaras dengan standar nasional dan keilmuan CLIL–EMI.

  • Mengintegrasikan scaffolding bahasa di seluruh mata pelajaran.

  • Mengontekstualisasikan pembelajaran dengan ekologi dan budaya Kalimantan.

Komponen Kegiatan

  • Workshop pemetaan kurikulum

  • Penyusunan Unit Plan bilingual

  • Adaptasi konten buku teks menggunakan template CLIL

  • Penyelarasan dengan level CEFR

  • Review bersama tim kurikulum sekolah

Luaran Program

  • Silabus bilingual

  • Modul CLIL lintas mata pelajaran

  • Blueprint penilaian bilingual

  • Panduan guru (Teacher Guidebook)

Dampak

Sekolah memiliki kurikulum bilingual yang sistematis, konsisten, dan berkelanjutan.