Deskripsi
Program ini membantu sekolah merancang dokumen kurikulum bilingual, modul pembelajaran, dan unit plan yang selaras dengan kerangka CLIL. Seluruh konten diintegrasikan dengan tujuan bahasa, tujuan konten, Pancasila Student Profile (P5), serta konteks budaya dan ekologi Kalimantan.
Deskripsi Program
Program ini mendukung sekolah dalam merancang kurikulum bilingual yang berfokus pada integrasi tujuan konten, tujuan bahasa, dan elemen budaya lokal menggunakan kerangka CLIL. Kurikulum yang dihasilkan memastikan siswa dapat mengakses materi pelajaran secara bermakna dan bertahap sesuai tingkat kemampuan bahasa.
Tujuan Program
Menyusun kurikulum bilingual yang selaras dengan standar nasional dan keilmuan CLIL–EMI.
Mengintegrasikan scaffolding bahasa di seluruh mata pelajaran.
Mengontekstualisasikan pembelajaran dengan ekologi dan budaya Kalimantan.
Komponen Kegiatan
Workshop pemetaan kurikulum
Penyusunan Unit Plan bilingual
Adaptasi konten buku teks menggunakan template CLIL
Penyelarasan dengan level CEFR
Review bersama tim kurikulum sekolah
Luaran Program
Silabus bilingual
Modul CLIL lintas mata pelajaran
Blueprint penilaian bilingual
Panduan guru (Teacher Guidebook)
Dampak
Sekolah memiliki kurikulum bilingual yang sistematis, konsisten, dan berkelanjutan.