Level 2. Praktisi CLIL Terapan

1. Profil Level

Level 2 ditujukan bagi guru/dosen yang:

  • Sudah memahami dasar CLIL.

  • Sudah mencoba CLIL di kelas (minimal beberapa kali).

  • Ingin menguatkan penerapan CLIL secara lebih sistematis dalam satuan waktu lebih panjang (misalnya 1 semester / 1 tema besar).

2. Tujuan Level 2

  • Menerapkan CLIL bukan hanya pada 1 pertemuan, tetapi pada sekuens pembelajaran (unit/tema).

  • Mengintegrasikan teknik scaffolding bahasa (visuals, sentence frames, word banks, dll.).

  • Mengembangkan aktivitas kelas yang mendorong pemikiran tingkat tinggi (higher-order thinking).

  • Menggunakan penilaian yang mempertimbangkan konten dan bahasa.

3. Kompetensi Utama Level 2

  1. Kompetensi Desain Pembelajaran Terapan

    • Menyusun unit plan CLIL untuk beberapa pertemuan (misal 4–6 pertemuan).

    • Merancang aktivitas yang memadukan:

      1. membaca, menulis, mendengar, berbicara; dan

      2. tugas berbasis proyek, eksperimen, atau studi kasus.

  2. Kompetensi Scaffolding

    Menggunakan beragam dukungan belajar:

    • visual (diagram, gambar, infografis),

    • bahasa (sentence starters, word banks),

    • tugas bertahap (guided → semi-guided → independent).

  3. Kompetensi Manajemen Kelas Bilingual

    • Mengelola diskusi kelompok dalam bahasa Inggris (atau campuran terarah).

    • Menggunakan strategic L1 use (penggunaan bahasa Indonesia secara terencana, bukan dominan).

  4. Kompetensi Asesmen Bilingual

    Menyusun instrumen sederhana yang menilai:

    • pemahaman konsep konten, dan

    • penggunaan bahasa akademik dasar (misal: menjelaskan proses, membandingkan, menyimpulkan).

4. Indikator & Bukti Kinerja Level 2

Peserta Level 2 mengumpulkan:

  • 1 Unit Plan CLIL lengkap (beberapa pertemuan).

  • 2–3 contoh lembar kerja siswa (worksheet CLIL).

  • Instrumen penilaian dan rubrik sederhana (konten + bahasa).

  • Video pembelajaran (bukan hanya microteaching) yang memperlihatkan:

    1. Scaffolding bahasa yang jelas.

    2. Aktivitas siswa yang aktif (student-centered).

  • Refleksi tertulis tentang hasil belajar siswa dan perbaikan ke depan.

Setelah dinilai layak, peserta berhak atas sertifikat:
“Level 2 – Applied CLIL Practitioner / Praktisi CLIL Terapan”.

5. Bentuk Pelatihan & Coaching

  • Coaching individual pada desain unit plan.

  • Lesson Study / peer observation dengan diskusi reflektif.

  • Klinik pengembangan worksheet & rubrik penilaian.

Cocok untuk:
Guru yang sudah berjalan dalam program bilingual, dosen pengampu matakuliah dalam EMI, dan guru inti (core teachers) di sekolah mitra CLIL/EMI.

Modul Pelatihan

Total: 7 Modul • 24–32 JP

Modul 1 — Review Konsep CLIL & Diagnosis Kesiapan Guru

Deskripsi: Mengulang konsep inti CLIL dan menentukan baseline kompetensi.
Capaian: Peserta memiliki gambaran kemampuan diri & kebutuhan peningkatan.
Aktivitas: Self-assessment, analisis video kelas.
Luaran: Laporan baseline.
Durasi: 2 JP

Modul 2 — Scaffolding Bahasa Tingkat Menengah

Deskripsi: Menggunakan dukungan bahasa yang lebih variatif dalam pembelajaran.
Capaian: Guru mampu merancang scaffolding:

  • visual support

  • sentence frames

  • vocabulary banks

  • guided writing

Aktivitas: Workshop; pengembangan worksheet.
Luaran: 2 lembar scaffolding (WS).
Durasi: 4 JP

Modul 3 — Aktivitas CLIL Berpikir Tingkat Tinggi (Higher-Order Tasks)

Deskripsi: Mendesain aktivitas berbasis HOTS yang terintegrasi bahasa.
Capaian: Guru mampu membuat aktivitas CLIL berbasis analisis, evaluasi, kreasi.
Aktivitas: Desain aktivitas; peer review.
Luaran: 2 aktivitas CLIL HOTS.
Durasi: 4 JP

Modul 4 — Desain Unit Plan CLIL (Multi-Session Planning)

Deskripsi: Membangun rencana pembelajaran untuk 1 unit topik (3–6 pertemuan).
Capaian: Unit Plan CLIL dengan alur belajar bertahap.
Aktivitas: Workshop multi-session sequencing.
Luaran: 1 Unit Plan CLIL lengkap.
Durasi: 6 JP

Modul 5 — Manajemen Kelas Bilingual & Diskursus EMI

Deskripsi: Mengelola diskusi kelas, group work, dan bahasa akademik.
Capaian: Guru mampu memandu interaksi akademik tertata.
Aktivitas: Role play, analisis interaksi kelas.
Luaran: Script diskursus kelas.
Durasi: 4 JP

Modul 6 — Penilaian Bilingual (Content-Language Assessment)

Deskripsi: Mendesain rubrik dan instrumen yang menilai konten + bahasa.
Capaian: Rubrik penilaian bilingual sederhana.
Aktivitas: Workshop & case study.
Luaran: 1 rubrik + 1 instrumen asesmen.
Durasi: 4 JP

Modul 7 — Teaching Practice (Real Classroom) + Refleksi

Deskripsi: Praktik mengajar sungguhan atau extended microteaching (20–30 menit).
Capaian: Implementasi model CLIL terapan.
Aktivitas: Teaching demo; feedback mentoring.
Luaran: Video praktik + laporan refleksi.
Durasi: 4–6 JP

RPS LEVEL 2 – PRAKTISI CLIL TERAPAN (APPLIED CLIL PRACTITIONER)

Durasi: 24–32 JP
Sasaran: Guru yang sudah mengajar bilingual dan pernah mengikuti Level 1.

1. Profil Program

Level 2 fokus pada penerapan CLIL secara lebih sistematis dengan integrasi scaffolding, penilaian bilingual, dan desain Unit Plan.

2. Tujuan Pembelajaran

Peserta mampu:

  1. Mendesain Unit Plan CLIL untuk multi-sesi.

  2. Mengembangkan scaffolding bahasa menengah.

  3. Mengelola kelas bilingual & diskursus EMI.

  4. Mengembangkan instrumen penilaian bilingual.

  5. Melakukan teaching practice lanjutan.

3. Struktur Modul Level 2

Modul

Topik

JP

Luaran

1

Review CLIL & Baseline Assessment

2

Laporan baseline

2

Scaffolding Bahasa

4

2 worksheet scaffolding

3

Aktivitas HOTS dalam CLIL

4

2 aktivitas HOTS

4

Desain Unit Plan CLIL

6

1 Unit Plan

5

Manajemen Diskursus EMI

4

Script diskusi kelas

6

Penilaian Bilingual

4

1 rubrik & instrumen

7

Teaching Practice + Refleksi

4–6

Video praktik + refleksi

4. Metode Pelatihan

  • Workshop desain

  • Peer review

  • Guided practice

  • Case analysis

  • Teaching practice

  • Coaching berbasis observasi

5. Bahan Ajar

  • Template Unit Plan

  • Contoh rubrik CLIL

  • Worksheet scaffolding

  • Video EMI classroom discourse

6. Evaluasi

  • Unit Plan (35%)

  • Worksheet scaffolding (15%)

  • Microteaching/Teaching practice (35%)

  • Assessment tools (10%)

  • Refleksi (5%)

7. Kriteria Kelulusan

  • Dokumen Unit Plan lengkap

  • Teaching practice ≥ 75

  • Hadir ≥ 85%

8. Luaran

  • Unit Plan CLIL Lengkap

  • Video teaching practice

  • Instrumen Penilaian

  • Sertifikat Level 2

9. Jadwal Pelatihan

Rekomendasi: 3–4 hari atau Bootcamp 2 minggu.